Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Perbaiki Mouse Yang Rusak

Penggunaan Komputer saat ini memang sudah biasa, kita bisa temukan di hampir seluruh lembaga, baik lembaga pemerintahan, apalagi lembaga pendidikan, dan perkantoran.

Cara Praktis Perbaiki Mouse Yang Rusak


Peran dari komputer memang sangat signifikasn untuk menunjang berbagai macam kebutuhan khususnya untuk tulis menulis.

Disisi lain, banyaknya penggunaan komputer bukan lantas membuat para penggunanya paham betul tentang komputer itu sendiri, terlebih jika terjadi kerusakan pada salah satu perangkatnya,

Tulisan saya sebelumnya, tentang cara memperbaiki keyboard laptop merupakan salah satu bukti banyaknya pengguna laptop maupun komputer yang belum paham betul tentang perangkatnya.

Bagi pengguna Laptop ataupun Noteook, memang mouse dirasa tidak begitu penting, tapi hal ini tidak berlaku bagi user komputer atau PC.

Meski masih bisa menggunakan keyboard untuk intruksi menjalankan beberapa fitur dalam komputer, tapi itu terasa sangat sulit.

Jadi jika anda kebetulan memiliki Mouse yang rusak, jangan terburu-buru membuang apalagi membeli mouse yang baru.

Karena pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan salah satu solusi memperbaiki mouse sebagai salah satu pelengkap dari komputer, caranya sangat mudah.


Cara Memperbaiki Mouse Yang Rusak

Seelum kita lanjutkan pada proses perbaikan, terlebih dahulu perlu diketahui jenis Mouse dan konektornya.

Mouse saat ini sudah tidak lagi hanya menggunakan kabel sebagai penghubung dengan PC, sekarang sudah banyak yang memanfaatkan Bluetooth atau wireless sebagai media konektornya.

Maka, akan saya bagikan cara memperbaiki tergantung pada jenis mouse yang digunakan, mouse dengan kabel penghubung, dan dengan wireless sebagai penghubung

Untuk memperbaiki Mouse yang rusak dengan dua jenis diatas, maka disini saya bedakan sesuai dengan jenis kerusakannya.

1. Tidak terindek atau dibaca oleh PC

Kerusakan pertama ini bisa terjadi pada mouse yang menggunakan kabel konektor ataupun Mouse dengan wireless.

Cara memperbaikinya adalah :
  • Pastikan Lampu Indikator pada mouse menyala, jika tidak ada lampunya, lanjutkan langkahnya pada poin berikut
  • Pastikan kabel penghubung pada mouse dengan kabel konektor, terpasang dengan baik, dan tidak karatan.
  • Jika kedua langkah diatas sudah dilakukan namun Mouse measih belum terdeteksi, lakukan perbaikan driver mouse pada PC. caranya, Masuk ke My Computer> Pilih Manage => System Tools => Device Manager => Pilih Mic And Other Pointing Devices. Pada bagian ini klik kanan dan uninstal. kemudian Klik Kanan Kemali dan pilih Scan For Hardware Canges. Selanjutnya restart komputer anda. 
Perhatian :
Seelum malakukan langkah ketiga diatas, pastikan driver mouse sudah ada pada komputer, jika tidak maka harus download driver mouse.

2. Crusor Mouse loncat kekanan kekiri atau tidak bisa bergeser pada salah satau sisi.

Gejala ini sering kali disebabkan karena roda bola pada mouse kotor, maka anda lakukan kangkah sebagai berikut :

  • Buka mouse, dan ambil secara perlahan roda bola
  • Cuci dan bersihkan dengan air hangat, dan keringkan
  • pasang kembali dengan rapat dan baik.
Catatan :
Jika Mouse anda menggunakan sinar untuk menggerakkan crusor, maka tidak perlu lakukan langkah ini, tapi gunakan cara diatas.

Nah, demikian Cara Praktis Perbaiki Mouse Yang Rusak, jika cara-cara ini tidak berfungsi, maka bisa dipastikan Mouse yang digunakan memang telah rusak, dan tentu harus membeli yang baru.

Sebegai tips perawatan Mouse, lakukan pembersihan pada Mouse, khususnya pada bola roda Mouse secara rutin. Khusus Mouse dengan sinar, maka sebaiknya tidak dibiarkan terhubung terlalu lama (jika tidak digunakan), pada PC yang sedang hidup namun tidak digunakan.



4 komentar untuk "Cara Praktis Perbaiki Mouse Yang Rusak"

  1. kalo saya kabelnya digi"in tikus mas jadi yah kudu saya sambung lagi T.T mayan gak terlalu boros...

    BalasHapus
  2. saya sendiri belum pernah memperbaiki mouse mas, kalo rusak langsung lapor ke bendahara sekolah.

    BalasHapus

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar